Semarak Mazda Indonesia dalam GIIAS 2018

Pencinta Mazda disarankan mengunjungi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, yang saat ini masih berlangsung di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang, Banten. Langsung saja datang ke booth Mazda di Hall 6 dan 6A untuk menyaksikan atau bernegosiasi mendapatkan kemudahan pembelian model-model Mazda yang diincar.

Mazda Indonesia –distributor resmi PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI)– sudah menyiapkan berbagai model. Dimulai dari harga yang dibanderol paling terjangkau, Mazda2; diikuti oleh MPV Biante; Mazda3; crossover atau SUV CX-3, CX-5, CX-9; dan roadster MX5. Paling gress adalah All-New Mazda6 ELITE, yang disiapkan dalam dua pilihan yaitu sedan dan estate. Pada gelaran ini, PT EMI juga meluncurkan New CX-3 dengan penampilan yang makin segar.

Setiap transaksi selama GIIAS berlangsung, PT EMI menyediakan undian berhadiah senilai Rp 5 miliar. PT EMI terus meningkatkan kualitas layanan purnajual kepada pemilik Mazda Indonesia, termasuk layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui nomor 14051 setiap saat. Selama pembelian Mazda di GIIAS, PT EMI memberikan Mazda Warranty 5 tahun atau 150.000 km.

Pesona All-New Mazda6 ELITE Sedan & Estate : “Superior Driving &
Sculpted Art in Motion”

Ingin merasakan kehebatan teknologi terbaru mobil-mobil yang dibuat Mazda secara maksimal? Merasakan langsung teknologi mobil Jepang dengan standar dan kualitas Eropa plus kelengkapan berlimpah, harga sangat kompetitif, dan diimpor langsung dari Hiroshima? Jawabannya ada pada All-New Mazda6 ELITE.

Bagi konsumen mobil atau pencinta Mazda di Indonesia dengan selera beragam, PT EMI menyediakan dua model All-New Mazda6 ELITE, yaitu sedan dan estate. Filosofi baru mobil kelas medium ini, “Superior Driving” dan “Sculpted Art in Motion”. Singkatnya, para insinyur Mazda di Hiroshima, Jepang menciptakan All-New Mazda6 ELITE sebagai mobil yang memberikan rasa “enjoy” maksimal dan penampilan artistik bergaya “now”.

Model sedan cocok untuk mereka yang ingin selalu ingin tampil elegan dan berwibawa, sementara estate –tampil lebih sporty– pas buat mereka yang sudah mapan dan ingin selalu tampak dinamis. Kelebihan estate, dengan pintu kelima, menghasilkan ruang kabin yang lebih lega, dengan tenaga mesinnya yang juga lebih agresif.

Konsep relaks

Sebagai flagship, Mazda6 generasi ke-3 ini memberikan rasa enjoy berkendara dengan menciptakan suasana kabin yang makin senyap. Bisa dimaklumi, di beberapa negara, kondisi lalu lintas, khususnya di perkotaan makin “keras”. Untuk itu, selain meningkatkan kinerja struktur bodi untuk meredam suara berisik dan getaran (dari dalam dan luar) dioptimalkan, kemampuan suspensi meredam guncangan juga ditingkatkan. Tak kalah penting dan bisa dikatakan paling utama, teknologi keselamatan pada All-New Mazda6 ELITE semakin melimpah melalui i-ACTIVESENSE.

Eksterior

Model baru dengan penampilan baru terlihat jelas pada gril berbentuk sayap khas Mazda dengan bagian tengah kombinasi sculpted art sebagai jati diri baru All-New Mazda6 ELITE. Lampu sein LED ditempatkan di atas lampu utama. Bumper depan juga dirancang ulang dengan ditambahkan ornamen krom untuk menghasilkan kesan elegan dan eksklusif. Di belakang, bagian bawah bumper dibuat sewarna dengan bodi. Penampilan sedan dan estate All-New Mazda6 ELITE semakin gagah dengan roda 19 inci yang dirancang secara khusus.

Interior

Penyegaran juga dilakukan terhadap desain panel instrumen dan door trim. Di dasbor bagian tengah, dipasang layar sentuh 8 inci. Seluruh jok didesain ulang untuk memaksimalkan kenyamanan, khususnya dari aspek ergonomis. Bahan jok juga dengan kualitas tinggi, langsung memberi kesan mewah makin “wah”.

Kemewahan interior diperlihatkan langsung oleh jok berlapis kulit Nappa. Kulit kayu dikombinasikan dengan suede di beberapa bagian interior. Ornamen kayu juga diadopsi pada beberapa bagian interior dengan penampilan bergaya furnitur dan instrumen musik khas Jepang, yang disebut Japanese Sen. Konsol tengah dilapisi dengan Ultrasuede®NU, material baru dari Toray Industries Inc. All-New Mazda6 ELITE adalah mobil pertama di dunia yang menggunakan bahan ini.

Deaktivasi silinder

Mesin SKYACTIV All-New Mazda6 Elite (sedan dan estate) juga direvitalisasi. Kini blok silinder dibuat dari alumnium-alloy –lebih ringan– untuk mengurangi getaran. Optimalisasi kerja mesin dilakukan dengan memperbaiki lubang isap (intake) dan piston. Peningkatan yang juga berarti adalah merancang ulang multilubang nosel injektor dan meningkatkan tekanan bahan bakar yang dihasilkan oleh injektor.

Agar konsumsi bahan bakar semakin irit dan emisi ikut turun, mesin SKYACTIV-G 2,5, 4-silinder pada All-New Mazda6 ELITE kini disertai dengan sistem deaktivasi silinder. Tepatnya, ketika mobil melaju santai pada 40–80 kilometer per jam, hanya dua silinder yang aktif.

Kendati kedua model All-New Mazda6 ELITE menggunakan mesin yang sama, begitu juga perbandingan kompresi, tenaga dan torsi dibedakan. Hal tersebut diperoleh karena RON bensin yang dianjurkan berbeda pula.

Performa tenaga maksimal yang dihasilkan All-New Mazda6 ELITE model sedan adalah 140 kw/190 hp pada 6.000 rpm, sedangkan model estate 143 kw/194 hp pada 6.000 rpm. Sementara itu, torsi maksimal pada All-New Mazda6 ELITE model sedan adalah 252 Nm pada 4.000 rpm, sedangkan model estate 258 Nm pada 4.000 rpm.

Katup kontrol sirkulasi pendingin dioptimalkan agar proses pemanasan mesin lebih cepat. Tujuannya, membuat mesin All-New Mazda6 ELITE makin efisien dan ramah lingkungan.

Untuk meneruskan tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin ke roda, Mazda memasang SKYACTIV-DRIVE, transmisi otomatis 6-percepatan dengan direct mode (manual) dan Active Adaptive Shift (AAS).

Teknologi i-ACTIVSENSE pada All-New Mazda6 ELITE sedan dan estate adalah adaptive LED headlight (ALH); blind spot monitoring (BSM); rear cross-traffic allert (RCTA); lane-departure warning system (LDWS); lane-keep assist system (LAS); smart city brake support rear (SCBS-R); smart city brake support (Advanced SCBS); dynamic stability control & tracttion control system (DSC/TCS); ABS; driver attention alert (DAA); 360 derajat view monitor.

Dengan kemewahan, penampilan eksklusif tersebut, PT Eurokars Motor Indonesia membanderol All-New Mazda6 ELITE: sedan Rp 649,8 juta dan Estate 554,8 juta (OTR di Jakarta sebagai mobil pertama). [ZULKIFLI BJ]

Foto-foto : Iklan Kompas/Antonius SP dan Adi Yuwono

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 8 Agustus 2018.

Leave a Comment