Destinasi Wisata yang Akan Membuat Anda Jatuh Cinta pada Keelokan Indonesia

Bertualang untuk mengenali dan menikmati lebih dekat kekayaan wisata lokal menjadi penghargaan tersendiri bagi kemajuan pariwisata Tanah Air. Kemasyhuran wisata dalam negeri lima tahun belakang ini semakin melesat.

Di Jawa Timur ada Jember dan Banyuwangi, di Aceh ada Banda Aceh dan Sabang, serta Sulawesi Utara ada Manado, Tomohon, dan Bunaken menjadi sekelumit destinasi dalam negeri ternama dan tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Fashion show unik dan savana

Jawa Timur semakin memantapkan diri sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Tanah Air dengan kehadiran Jember Fashion Carnaval (JFC) yang rutin diselenggarakan. Tahun ini, JFC akan digelar pada 7–12 Agustus. Penyelenggaraan JFC ke-17 ini mengangkat tema “Asialight” (Cahaya Asia).

Setelah puas “tenggelam” dalam keunikan JFC, Taman Nasional Baluran menjadi destinasi wisata selanjutnya dengan padang savana yang cantik. Ini membuatnya kerap dijuluki Africa van Java atau Little Afrika, karena lanskapnya mengingatkan kita pada ciri khas Afrika.

Savana Bekol merupakan yang terluas di Jawa dan mencapai 300 hektar. Savana ini berjarak 12 kilometer dari gerbang Taman Nasional Baluran. Saat musim hujan, Bekol akan didominasi nuansa hijau dari tanaman Acacia nilotica. Saat kemarau, akan berubah menjadi cokelat kekuningan yang menambah dramatis suasana Padang Bekol.

Hamparan bunga dan taman laut

Di Sulawesi Utara, tepatnya Tomohon dan Pulau Bunaken, wisatawan dapat menikmati keindahan alam sebenarnya. Tomohon memiliki potensi keindahan bunga yang indah. Oleh karena itu setiap tahun digelar acara Tomohon International Flower Festival (TIFF). Tahun ini, TIFF akan berlangsung selama 10 hari dengan puncaknya pada 8 Agustus 2018.

Rangkaian TIFF 2018 terdiri atas Tournament of Flowers atau Flower Parade dan Flower Fashion Carnival yang berlangsung di Jalan Protokol Kota Tomohon pada 8 Agustus 2018. Selain itu, diadakan pula pameran pariwisata, perdagangan, investasi, dan floriculture expo, serta pergelaran seni dan budaya Nusantara yang berlangsung di Panggung Pameran Stadion Babe Palar Tomohon, 7–12 Agustus 2018.

Taman Laut Bunaken juga menjadi destinasi yang selalu memikat. Taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. Selam scuba menarik banyak pengunjung ke pulau ini. Taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektar.

Di taman laut ini terdapat 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan bawah laut.

Pantai memesona

Provinsi Aceh, tepatnya di Banda Aceh terdapat Museum Tsunami yang didirikan sebagai penghormatan dan peringatan akan musibah tsunami yang pernah melanda kota ini beberapa tahun silam. Museum ini mulai dibangun pada 2007 dan diresmikan pada 27 Februari 2009.

Beralih ke Sabang, terdapat salah satu pantai populer, yaitu Pantai Iboih. Pantai ini menawarkan berbagai macam keindahan yang akan membuat wisatawan terkesan.

Keindahan Pantai Iboih tidak diragukan lagi. Air lautnya yang jernih dan bergradasi hijau biru ditambah hamparan pasir putihnya yang bersih dan dikelilingi oleh hutan lindung, Iboih bagaikan “surga” tersembunyi yang memiliki suasana tenang dan damai.

Biro perjalanan

Meski berwisata di dalam negeri, menggunakan jasa biro perjalanan dapat menjadi pilihan tepat karena perjalanan wisata dapat diatur dengan lebih baik. Mulai dari konsultasi paket wisata yang ditawarkan,  perencanaan mengatur waktu bepergian, kemudian memilih tempat makan, tujuan wisata, hingga berbelanja. Dengan memilih Panorama JTB Tours, selalu menghadirkan berbagai macam kemudahan berlibur Anda.

Bukan hanya itu,  dengan pemandu wisata yang andal dan berpengalaman serta mengutamakan personal touch, perjalanan wisata impian Anda dapat terealisasi. Selain itu, perjalanan wisata dengan bergabung ke dalam grup tur, tidak hanya menawarkan perjalanan wisata dengan lebih teratur dan nyaman, tetapi juga dapat menambah relasi di dalam jaring kehidupan Anda. Tentunya ini dapat bermanfaat. Maka, ibarat teman perjalanan yang andal, bersama Panorama JTB Tours, “Relax, You’re With Us! Your Holiday Specialist”. [*/ACH]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 12 Juli 2018.

Leave a Comment