Persiapan yang Harus Dilakukan Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri sudah di ambang pintu. Umat Muslim menantikannya dengan hati penuh ucapan syukur. Momen istimewa ini pun seyogianya disambut dengan istimewa pula. Dan, tak ada cara yang lebih menyenangkan menyambutnya kecuali berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terdekat.

Berkumpul dengan sanak-famili sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia pada saat Lebaran. Tak peduli harus menempuh perjalanan panjang yang memakan waktu, sekali dalam setahun disempatkan untuk mudik ke kampung halaman. Kesempatan langka ini dimanfaatkan untuk melepas kangen dan bertukar kabar serta mempererat jalinan silaturahim.

Menjelang Lebaran, berbagai persiapan biasanya sudah dilakukan untuk menyambut momen istimewa tersebut. Mulai dari menata rumah hingga mempersiapkan hidangan untuk disajikan pada saat berkumpul dengan orang-orang terdekat. Tunjangan hari raya (THR) yang sudah cair pun segera dialokasikan penggunaannya. Namun, harus bijaksana menggunakannya, agar tak habis percuma.

Mengingat berbagai kebutuhan menjelang Lebaran meningkat, sebaiknya lakukan perencanaan. Akan lebih baik jika Anda melakukannya sejak jauh-jauh hari sehingga sudah ada persiapan dana yang ditabung. Apalagi jika Anda berencana untuk mudik, tentu kebutuhan dananya lebih besar.

Buatlah prioritas, hal-hal yang penting dan mendesak serta tidak dapat ditawar lebih dahulu, baru menyusul hal-hal yang kurang penting dan mendesak. Untuk renovasi atau penataan rumah, jika sudah dianggarkan, pastikan dana yang digunakan tidak melebihi anggaran.

Untuk urusan penampilan, sudah pasti setiap orang ingin tampil istimewa. Meskipun bukan hal yang primer, tapi belanja untuk kebutuhan penampilan sebenarnya masih bisa disiasati tidak sampai menguras kantong.

Lagi-lagi kuncinya adalah perencanaan. Jika dana terbatas, tentukan terlebih dahulu item-item apa saja yang hendak dibeli, mulai dari atasan, bawahan, hingga pakaian dalam dan aksesori. Anda dapat melihat-lihat dulu di majalah atau situs web untuk model yang sedang trendi. Sesuaikan dengan karakter pribadi dan gaya yang ingin Anda tampilkan. Karena, tidak semua yang trendi itu cocok dengan penampilan Anda.

Anggarkan biaya yang wajar untuk setiap item yang hendak dibeli. Selanjutnya Anda dapat langsung berkunjung ke pusat perbelanjaan kenamaan. Biasanya, pada periode Ramadhan dan menjelang Lebaran begini terdapat banyak program yang menarik.

Salah satunya di Matahari Department Store (MDS) yang menggelar program diskon menarik berupa Clearance Sale Up to 70% dan hari ini, 13 Juni 2018, digelar Late Night Sale. Ini menjadi kesempatan yang menarik untuk mendapatkan produk-produk fashion yang diinginkan dengan harga-harga spektakuler dan khusus member Matahari mendapatkan tambahan diskon.

Program menarik lain yang tak kalah menguntungkan adalah promo dari kartu kredit yang bekerja sama dengan Matahari Department Store. Setiap minimum pembelanjaan Rp 500.000, bagi pemegang kartu kredit BCA Matahari akan mendapatkan cash back hingga 20 persen berlaku dari 4 Mei hingga 17 Juni 2018, sedangkan pengguna kartu kredit Bank Bukopin, BNI, Citibank, dan Mandiri akan mendapatkan cash back 10 persen.

Periode promo kartu kredit Bank Bukopin hingga 30 Juni 2018, kartu kredit BNI, kartu kredit Citibank dan kartu kredit Mandiri berlaku dari 15 Juni 2018 hingga 17 Juni 2018. Selamat bersiap-siap dan menyambut Hari Raya Idul Fitri. [*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 Juni 2018

Leave a Comment