Tips agar Perjalanan Mudik Lebih Aman dan Nyaman

Lebaran sudah mendekat. Momen ini menjadi kesempatan bagi banyak orang untuk bertemu dengan keluarga besar, sesuatu yang tidak setiap hari dilakukan. Ikatan kekeluargaan ingin kembali dieratkan meskipun telah terpisah jarak yang jauh dengan kampung halaman.

Itu sebabnya, Idul Fitri menjadi salah satu momen penting untuk pulang ke kampung halaman dan bersilaturahim. Tak jarang, para pemudik menempuh perjalanan jauh hingga menghabiskan waktu berjam-jam.

Perjalanan dapat dilakukan menggunakan transportasi umum, baik darat, laut, maupun udara. Ada pula yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi menempuh perjalanan darat.

Persiapan   

Bagi yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya lakukan persiapan sejak jauh-jauh hari agar perjalanan lancar dan tidak ada hambatan di jalan. Persiapan yang dilakukan mulai dari menyiapkan kendaraan, perlengkapan, hingga persiapan fisik supaya tetap fit selama berkendara.

Persiapan dan pengecekan kondisi ban, kampas rem, oli, dan berbagai aspek lainnya dari mobil juga harus dipastikan dari beberapa hari sebelumnya sehingga kendaraan dalam kondisi baik agar perjalanan aman dan nyaman.

Mempersiapkan kendaraan dapat dilakukan dengan membawa kendaraan ke bengkel. Jika biasanya hal ini dilakukan sesuai dengan jadwal perawatan berkala, sehubungan dengan rencana mudik tak ada salahnya dilakukan meskipun belum jadwalnya.

Hal ini untuk memastikan bahwa kendaraan siap dibawa untuk menempuh perjalanan jauh ke kampung halaman. Pastikan kendaraan berada dalam kondisi prima, termasuk ban, sistem pengereman, dan sistem pelumasan.

Meskipun sudah dipersiapkan, selalu saja terbuka kemungkinan terjadi kondisi yang tidak diinginkan. Untuk menambah keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan, grup otomotif Astra kembali mengadakan acara Astra Holiday Campaign 2018 untuk menemani perjalanan mudik para pengguna kendaraan.

Dalam acara yang akan berlangsung pada 9 hingga 16 Juni 2018 ini, Astra menyiapkan 10 Pos Siaga dan Pos Rehat di sepanjang jalur mudik Jawa hingga Bali serta 103 Bengkel Siaga yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

“Sudah menjadi komitmen Astra untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, termasuk saat mereka melakukan perjalanan mudik Lebaran. Kami berharap pelanggan kami merasa aman dan nyaman dengan kehadiran layanan mudik Astra. Perbaikan terus dilakukan demi memenuhi kebutuhan pelanggan dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” jelas CEO AstraWorld Bambang Gunawan.

Aplikasi

Hal lain yang dapat dimanfaatkan untuk kemudahan navigasi saat menempuh perjalanan mudik adalah dengan menggunakan aplikasi. Dewasa ini tersedia banyak aplikasi, baik yang gratis maupun berbayar.

Salah satu aplikasi yang layak dijajal adalah ANAVIGO. Aplikasi ini dilengkapi dengan peta digital Lokasi Pos Siaga, serta Bengkel Siaga Astra. Adanya aplikasi ponsel pintar ini tentu dapat menjadi teman mudik yang lebih informatif, bermanfaat, serta mendukung situasi-situasi darurat dalam perjalanan.

Di Pos Siaga Astra, para pemudik dapat singgah untuk melakukan pemeriksaan kendaraan. Layanan yang diberikan di Pos Siaga Astra berupa servis ringan untuk kendaraan. Sambil menunggu kendaraan diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik Astra, para pemudik dipersilakan beristirahat sejenak sambil menikmati makanan ringan serta fasilitas-fasilitas yang tersedia di Pos Rehat Astra, seperti cek kesehatan (gula darah) gratis.

pos rehat astra menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis

Pos Rehat Astra menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis, seperti cek gula darah.

Jika pemudik mengalami situasi darurat di tengah perjalanan dan membutuhkan bantuan, Astra juga menyiapkan armada yang siap memberikan bantuan. Tersedia 55 unit Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld dan 27 unit Garda Siaga ERA yang akan siap membantu selama 24 jam nonstop.

Demi mempermudah pemudik yang membutuhkan bantuan darurat ini, Astra menyediakan nomor contact center yang beroperasi 24 jam nonstop 7 hari seminggu. Nomor-nomor tersebut adalah Call AstraWorld 1500-898, Call Garda Akses 1500-112, atau Honda Customer Care Center 1500-989. Selain ketiga nomor contact center, pengguna juga dapat menggunakan fitur Car Emergency pada aplikasi ANAVIGO untuk meminta layanan emergency Astra.

Jadi, siapkan diri Anda untuk menempuh perjalanan mudik Lebaran dan bertemu dengan kerabat dan handai tolan. Selamat mudik! [*/IKLAN]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 5 Juni 2018.

Leave a Comment