Warna-Warni Ramadhan Tahun Ini

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia. Inilah bulan penuh berkah yang menjadi momen tepat untuk mengevaluasi diri, berbagi kasih, dan mendekatkan diri kepada Sang Khalik.

Tak hanya menjadi berkah, kehangatan suasana Ramadhan juga dapat dirasakan para pemeluk agama lain di Tanah Air. Nuansa suka cita dan kemeriahan bisa didapati dari program-program spesial Ramadhan yang dihadirkan pusat-pusat perbelanjaan.

Hal istimewa itulah yang bisa kita temukan di Plaza Indonesia. Pusat perbelanjaan premium dan gaya hidup terdepan di Jakarta mewarnai Ramadhan dengan menghadirkan program Blessings of Ramadhan. Menariknya, konsumen dapat menemukan semua keperluan Ramadhan dan Lebaran mereka di pusat perbelanjaan tersebut.

General Manager Marketing Plaza Indonesia Zamri Mamat mengatakan, “Seluruh program Ramadhan di Plaza Indonesia bertujuan agar bisa dinikmati semuanya, baik yang berpuasa maupun tidak. Semua bisa merasakan keuntungan dan kemeriahan berbagai macam program dan promo di Plaza Indonesia. Konsumen tidak perlu berpindah ke tempat lain karena mereka bisa menemukan semuanya di Plaza Indonesia.”

Bazar Spesial

Acara spesial yang dihadirkan Plaza Indonesia adalah bazar Ramadhan bertajuk Ramadhan Souq. Bazar ini mencakup Ramadhan Souq Fashion di function hall level 2 (21 Mei–10 Juni 2018), Ramadhan Souq Culinary di level 4 (18 Mei–10 Juni), dan Ramadhan Souq Sneakers di Plaza Indonesia extension Level 4 (21-24 Mei dan 7-10 Juni 2018).

“Kami terinspirasi desain dan eksotisme kultur souq atau pasar tradisional yang berasal dari Maroko. Cukup kental nuansa islaminya, tapi masih dengan sentuhan modern dan membawa suasana kehangatan Ramadhan,” terang Zamri.

Berbagai brand fashion ternama berpartisipasi meramaikan Ramadhan Souq Fashion seperti Itang Yunasz, Shafira, Si.Se.Sa, Titi Arief, Nawasan, Ratu (Lentera), Handi Hartono, Nina Nugroho, Rajjas Batik, Darobira, Tali Modest Clothing, Manjusha Nusantara, Tulola Design, Reeindonesia, Purana, dan Batik Chic.

Selain fashion, yang acap kali dinanti ketika bulan puasa adalah kuliner. Untuk memuaskan selera penikmat kuliner, Plaza Indonesia menghadirkan aneka kuliner favorit di Ramadhan Souq Culinary Level 4, yaitu Max & Sandwich, Tebet 39, Kedai Hijau, Warung Tanta Oi, Siomay Salmon & Churrosku, Kafe de Kalaha, Lontong Cap Gomeh & Rendang Uninam, Infinite Delight, Drink Station & Es Serut 88, JnC Cookies, dan masih banyak lagi.

General Manager Marketing & Leasing Level 4,5,6 Astri Abyanti menambahkan, “Aneka jajanan viral yang lagi digemari dan terpencar saling berjauhan tokonya, kami kumpulkan ke dalam satu bazar makanan yang nyaman di Ramadhan Souq Culinary di level 4. Di lantai ini juga akan dimeriahkan hiburan Ramadhan Soulful Performance setiap akhir pekan selama Ramadhan.

Acara buka puasa bersama akan bertambah seru karena Plaza Indonesia menghadirkan Iftar Package. Promosi yang melibatkan seluruh F&B outlets-nya ini, menawarkan paket-paket berbuka dengan harga variatif mulai dari paket Rp 30 ribu dan seterusnya. Lalu, sembari menunggu waktu berbuka, pengunjung akan dihibur musik Ramadhan Tunes di Main Atrium level 1 yang berlangsung pada 19, 20, 26, 27 Mei 2018.

“Ramadhan in Style”

Selain diramaikan bazar fashion dan kuliner, sebagai salah satu pusat mode terdepan di Tanah Air, Plaza Indonesia berkomitmen menghadirkan modest fashion show. Kali ini bertajuk Ramadhan In Style, pergelaran busana mengambil tempat di La Moda, pergelaran busana ini akan diadakan pada 21–25 Mei 2018.

Tahun ini, Plaza Indonesia menggandeng lima perancang busana papan atas Tanah Air dalam menampilkan karya-karya eksklusif mereka. Adapun nama besar dalam ranah mode Indonesia yang terlibat, antara lain Itang Yunasz (21 Mei), Iwan Tirta Private Collection (22 Mei), Ikat Indonesia by Didiet Maulana (23 Mei), Happa by Mel Ahyar (24 Mei), dan Ghea (25 Mei).

Ria Juwita, Event & Promotions Senior Manager & Creative Services Plaza Indonesia menjelaskan, “Dalam Ramadhan In Style ini kami bekerja sama dengan fashion designer ternama untuk menghadirkan tren terbaru busana Muslim. Namun, arahnya lebih ke modest fashion, misalnya tidak terlalu menampilkan kerudung serba tertutup, tetapi masih sopan digunakan sebagai busana Ramadhan untuk pergi ke masjid atau silaturahim Lebaran.”

Mendapat kesempatan tampil di Ramadhan In Style, Iwan Tirta Private Collection memilih berkolaborasi dengan perancang busana kenamaan atas Indonesia, yaitu Chossy Latu dan Mel Ahyar. Keduanya dianggap sebagai sosok yang mampu merepresentasikan misi Iwan Tirta sekaligus meregenerasi profil pelanggan.

“Di Ramadhan In Style, tema yang kami angkat adalah Nuswantara, menegaskan bahwa Indonesia kaya dengan keberagaman budayanya. Batik pun tak hanya identik dari Jawa Tengah, tapi juga banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia Koleksi yang ditampilkan adalah koleksi pre-fall yang lebih didominasi outer, karena selain dipakai saat acara Ramadhan, bisa dipakai dan dipadupadankan pada saat kapanpun,” ucap Marketing Manager PT Iwan Tirta Rindu M Pradnyasmita.

Rindu kembali menerangkan, dalam kolaborasi ini, Chossy Latu dan Mel Ahyar diberikan keleluasaan untuk lebih mengeksplorasi kain-kain Iwan Tirta yang sudah ada, “Semua tampilan ditujukan untuk segmentasi perempuan, yang dikreasikan sesuai DNA tiap desainer, baik gaya maupun cutting-nya. Koleksi kolaborasi ini bisa didapatkan di butik Iwan Tirta di Plaza Indonesia,” tambahnya.
Sementara itu, desainer muda dan berbakat Didiet Maulana akan membawa koleksi tergres labelnya, Ikat Indonesia, dalam tema Surya. Akan ada beberapa tampilan yang dibuat untuk mendukung gaya di bulan Ramadhan dengan memakai kain lurik dan tenun ikat yang diproduksi di Yogyakarta, Klaten, dan Bali.

“Ada sekitar 18-20 look yang ditampilkan. Akan banyak pula potongan siluet tunik, A line dress, top and bottom, serta tampilan multilayer dengan vest dan outer yang diperlihatkan nanti. Kemudian, ide styling akan dibuat berbeda dengan memberikan permainan head accessories,” tegasnya.

Batik

Warna lain koleksi Ramadhan juga diperlihatkan label Ghea. Creative & Marketing Director Ghea Fashion Studio & Ghea Kids Indonesia Janna Soekasah-Joesoef menuturkan, koleksi Ghea untuk Ramadhan tahun ini mengambil tema Folklore Bohemian, yang didominasi pemakaian batik Sembagi.

Janna bercerita jika kain sembagi atau disebut Chintz (kain bermotif bunga), awalnya berasal dari pesisir Coromandel India (Sembagi) yang mulai muncul di era Kerajaan Sriwijaya sekitar abad ketujuh. Kain Sembagi kemudian ditiru pengusaha batik Arab dan China di abad ke-19 khususnya di daerah Cirebon dan Lasem, yang dikenal sebagai batik sembagi. Seiring perjalanan waktu, batik sembagi juga menjadi jenis batik yang berkembang di Sumatera, terutama di Jambi, Palembang, dan Lampung.

“Batik sembagi kami angkat lalu desain ulang baik warna dan motif, agar dapat merepresentasikan gaya masa kini. Kami banyak bermain bahan sifon dan satin dan mengedepankan modest wear dalam rupa kaftan, tunik, palazzo, turban, dan kerudung. Ciri khas Ghea juga masih diperlihatkan dengan penggunakan semacam teknik stamp atau blockprint handmade menggunakan prada emas. Total ada 20 koleksi yang akan mewarnai di pergelaran Ramadhan In Style,” jelas Janna.

Dalam acara ini, diadakan Silent Auction untuk Yayasan Parinama Astha (Yayasan yang berfokus pada gerakan anti human trafficking), berupa lelang dari barang-barang desainer yang berpartisipasi. Tak ketinggalan, dalam Ramadhan In Style turut ditampilkan koleksi perhiasan dari Adelle Jewelry.

Kesempatan besar

Loyalitas pelanggan adalah salah satu strategi penting melancarkan usaha. Menjalin kedekatan dan memanjakan para pelanggan setianya adalah ciri khas Plaza Indonesia.

Yang senantiasa dihadirkan oleh Plaza Indonesia adalah shopping rewards bagi konsumen khususnya mereka yang menjadi anggota Plaza Indonesia Privilege Card (PIPC). Pada bulan Ramadhan ini, anggota PIPC akan mendapat dua kali poin jika bertransaksi di F&B outlet. Khusus yang memiliki kartu kredit atau debit bank BRI akan mendapat kesempatan lebih besar hingga lima kali poin setiap transaksi di F&B outlet.

Terdapat pula program Plaza Indonesia Fabulous 28 Lucky Draw pada periode 1 Maret 2018 hingga 31 Januari 2019. Dengan minimum pembelanjaan Rp 500 ribu, dapatkan kesempatan memenangi Grand Prize Maserati Levante. Dapatkan tiga kali kesempatan lebih besar bagi pemegang kartu BRI. [AJG]

Foto – Foto : Iklan Kompas/E. Siagian, dokumen Plaza Indonesia, & Michael Cools.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 17 Mei 2018.

Leave a Comment