Menjelajah Warisan Sejarah Dunia

Sembari jalan-jalan, menambah wawasan dan pengetahuan. Mungkin belum banyak yang me­nyadari dan meniatkan hal ini saat merencanakan liburan. Dalam hati yang terbayang barangkali hanya keseruan berlibur, mengabadikan diri di berbagai lokasi, dan mencari pernak-pernik sebagai buah tangan dan tanda telah mampir.

Namun, sebenarnya di banyak destinasi wisata juga terkandung kisah sejarah yang menarik untuk dibedah. Jadi, “oleh-oleh” yang dibawa pulang juga termasuk pengalaman dan wawasan yang bertambah.

Ambil contoh jika berkunjung ke negara-negara Eropa Barat. Terdapat banyak bangunan bersejarah yang menarik untuk disimak, di antaranya seperti rute perjalanan berikut ini.

Warisan dunia

Brussels dapat menjadi pintu masuk pener­bangan ke Eropa Barat dari Tanah Air. Di ibu kota Belgia ini simak, antara lain patung Manekin Piss yang legendaris dan kompleks Grand Palace yang megah.

Dari situ, lanjutkan perjalanan ke negara tetangganya, Belanda. Di ibu kotanya, Amsterdam, simak, antara lain Royal Palace, Dam Square, Central Station, dan pabrik pengasahan berlian. Destinasi menarik berikutnya adalah Giethoorn, desa di Provinsi Overijssel di timur laut Belanda. Dikenal sebagai “Venesia dari Belanda, di tempat ini Anda dapat menyusuri kanal-kanal cantik dengan rumah-rumah tua khas Belanda di kanan-kirinya.

Kembali ke kawasan Belgia, destinasi berikutnya adalah Bruges. Ini merupakan pusat kota bersejarah yang termasuk situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 2000. Hal itu karena terdapat banyak arsitektur peninggalan abad pertengahan sehingga Anda dapat menikmati suasana kota tua yang cantik.

Dari situ, lanjutkan perjalanan menuju Paris. Ibu kota Perancis yang dikenal juga sebagai salah satu pusat mode dunia ini memiliki sejumlah atraksi menarik. Di antaranya, gerbang kemenangan Arc de Triomphe, jalanan megah Champs de Elysèes, Place De La Concorde, Des Invalides dan melihat dari dekat lambang kota Paris, yaitu Menara Eiffel. Bagi yang ingin berbelanja, jangan lewatkan kesempatan berbelanja antara lain di Galeries Lafayette yang tersohor itu. Hal lain yang dapat dilakukan adalah pesiar naik kapal menyusuri sungai-sungai Paris.

Pegunungan

Puas menikmati keindahan kota yang bersejarah? Saatnya untuk beralih ke alam, yaitu di Interlaken, kota resor di kawasan pegunungan di Swiss. Dari Paris, Interlaken dapat dicapai dengan perjalanan darat selama sekitar 6 jam.

Bersiap-siaplah menaiki cable car menuju Grindelwald First. Dari sini, Anda dapat melihat pemandangan pegunungan cantik dari ketinggian lebih dari 2.000 meter. Jangan lupa juga mencoba melewati First Cliff walk dan melihat Puncak Jungfraujoch, salah satu puncak di Pegunungan Alpen dengan ketinggian hingga 3.466 meter.

Setelah menyejukkan mata dengan pemandangan alam, simak kembali keindahan buatan tangan manusia berupa bangunan-bangunan bersejarah. Kali ini di kota mode yang lain, yaitu Milan di Italia. Di kota ini, simaklah gereja gotik Katedral Duomo dan Galleria Vittorio Emmanuelle 2 yang mewah dengan atap kacanya.

Jika di Belanda, Anda sudah menyimak duplikat Venesia, destinasi berikutnya adalah mengunjungi Venesia yang asli. Di “kota di atas air” ini Anda dapat menggunakan transportasi air menuju St Marco Square, Katedral St Marks, Doges Palace, dan Bridge of Sigh.

Destinasi berikutnya adalah Pisa, kota yang terkenal dengan menara miring. Lalu, lanjutkan kembali menuju San Gimignano, kota kecil dengan dinding yang tinggi yang dibangun pada abad pertengahan. Dengan berjalan kaki melewati Piazza Della Cisterna, Podesta Palace, serta Piazza Del Duomo.

Belum lengkap perjalanan ke Eropa jika tidak mampir di Roma, ibu kota Italia yang juga pusat dunia masa lampau. Di kota ini, ikut tur mengunjungi Basilika St Peter yang sangat anggun, Colloseum yaitu tempat manusia bertarung melawan binatang buas, Roman Forum, Trevi Fountain yang indah, dan monumen Vittorio Emanuelle II. Penggemar belanja, jangan lupa mampir di Via condotti.

Tertarik dengan perjalanan ini? Segera atur perjalanan Anda, antara lain dengan menghubungi ATS Vacations. Bersama ATS Vacations, Anda akan mendapatkan perjalanan dengan servis yang berkualitas, nyaman, dan menyenangkan. [*]

Foto : Shutterstock.com/Mistervlad.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 17 Mei 2018.

Leave a Comment