Tampilan Baru Hunian Bergaya Minimalis di Discovery Altezza

Pasar properti merupakan salah satu segmen yang dinamis. Selera dan kebutuhan konsumen terus berubah, seiring dengan perkembangan zaman. Inovasi yang berkesinambungan dan berorientasi pasar mesti dilakukan, baik dalam mengembangkan produk hunian secara mikro, maupun pengembangan kawasan secara makro.

PT Jaya Real Property Tbk, pengembang kawasan Bintaro Jaya, melakukan inovasi dengan desain fasad dan tata ruang pada hunian di kluster terbaru, Discovery Altezza. Bekerja sama dengan konsultan arsitek muda, SUB, Bintaro Jaya mengharapkan kehadiran hunian baru ini dapat menjawab keinginan konsumen mendapat tempat tinggal yang nyaman, praktis, dan efisien.

Inovasi tampilan fasad berupa penambahan dinding berventilasi atau roster (kerawang), elemen arsitektur yang sedang populer saat ini. Fungsi dinding roster (kerawang) tidak hanya untuk menyiasati sirkulasi udara dan paparan cahaya matahari, tapi juga memberi nilai tambah estetika bangunan.

Roster yang menjadi ciri khas hunian di kluster Discovery Altezza, berfungsi sebagai elemen dekoratif, sekaligus fungsional. Ruang di balik dinding berventilasi ini berperan sebagai teras rumah. Bahkan, di salah satu tipe hunian, teras rumah berdinding roster tersebut, berfungsi sebagai ruang servis.

Discovery Altezza

Kluster terbaru Discovery Altezza merupakan kluster kesepuluh di Distrik Discovery Residences. Lokasinya berada di seberang klaster Discovery Aluvia. Dikembangkan di atas lahan seluas 3,2 hektar dan pada tahap pertama akan dipasarkan sebanyak 70-an unit hunian.

Tersedia 4 tipe hunian, yaitu tipe Forenza (hunian satu lantai) dengan luas bangunan 50 meter persegi dan luas tanah 75 meter persegi, tipe Forenza (dua lantai) memiliki luas bangunan 89 meter persegi dan luas tanah 75 meter persegi, tipe Cadenza (106/88 meter persegi), dan tipe Aveza (115/100 meter persegi). Tiga tipe terakhir merupakan hunian dua lantai. Menariknya, setiap tipe tersebut memiliki perbedaan dalam zonasi dan tata ruang di dalam rumah.

Tipe Forenza satu lantai (50/75 meter persegi) memiliki teras di balik dinding roster sebagai ruang tamu sehingga privasi empu rumah lebih terjaga. Namun, pintu depan yang berupa pintu geser bisa dibuka dan seolah-olah menyatukan teras rumah dengan ruang keluarga, sekaligus halaman belakang. Kesan luas dan intim sangat cocok untuk acara-acara keluarga atau kerabat dekat.

Pada area kamar mandi memiliki konsep semi terbuka sehingga pada area basah mendapatkan pencahayaan matahari langsung dan menciptakan suasana yang berbeda, ketika memasuki area kamar mandi.

Tipe Forenza dua lantai (89/75 meter persegi) punya keunikan tersendiri. Ruang servis dan dapur basah berada di teras depan, tetapi tertutup oleh dinding roster. Akses keluar-masuk juga terpisah dari ruang servis. Tipe ini terdiri atas 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, dan 1 carport. Terdapat kamar tidur untuk tamu di lantai dasar dan ruang belajar di lantai 2. Ada pula area dak di lantai dua yang nantinya apabila diperlukan dapat dibuat menjadi tambahan kamar.

Tipe Cadenza (106/88 meter persegi) memiliki area living room yang sangat spacious dan berorientasi melebar sehingga terasa sangat lega dan luas. Terdapat 3 kamar tidur dan 3 kamar mandi, plus 1 kamar tidur dan kamar mandi untuk asisten rumah tangga (ART), serta 2 emper mobil (carport). Untuk tipe ini, teras rumah kembali berfungsi sebagai ruang tamu. Letaknya persis di belakang dinding roster. Di lantai dua, terdapat pula ruang belajar di selasar dan kamar tidur utama berorientasi menghadap ke taman belakang.

Keunikan Tipe Aveza (115/100 meter persegi) lain lagi. Teras rumah berada di samping, berbatasan dengan taman di sisi rumah yang memiliki area cukup besar. Suasana nyaman dan hommy begitu terasa kala menikmati area taman dengan sirkulasi udara dan cahaya maksimal.

Dua kamar tidur anak di lantai dua, juga memiliki view taman samping. Istimewanya, kamar tidur utama memiliki balkon di atas teras rumah sehingga punya dua view sekaligus, yaitu depan dan taman samping. Untuk kamar tidur utama, juga terdapat area walk-in closet.

Kluster Discovery Altezza tak hanya mencoba mengubah tampilan hunian bergaya minimalis, tetapi juga berupaya mengembangkan tata ruang yang inovatif untuk memaksimalkan pemanfaatan ruang. Namun, tetap memperhatikan kenyamanan tinggal, sisi privasi, dan fungsi ruangan.

360º Living @Bintaro Jaya

Pengembang PT Jaya Real Property memang terus berinovasi, baik dari segi desain bangunan, tata ruang di dalam rumah, lingkungan kluster, maupun pengembangan kawasan secara menyeluruh.

Fasilitas-fasilitas kawasan juga semakin dilengkapi untuk memenuhi kebutuhan para warga. Mulai dari fasilitas pendidikan, kesehatan, pusat-pusat perbelanjaan, ruang terbuka hijau, dan moda transportasi internal. Boleh disebut, Bintaro Jaya sudah sangat lengkap, sebagai sebuah kawasan hunian berskala kota mandiri.

Apabila hendak berbelanja, warga tinggal mengunjungi Bintaro Jaya Xchange (BXc) Mall, Plaza Bintaro Jaya, Pasar Modern Bintaro Jaya, dan berbagai area komersial lain. Jika ada yang sakit, ada RS Premier Bintaro dan RS Pondok Indah-Bintaro. Sekolah? Banyak sekali.

Foto-foto : dokumen PT. Jaya Real Property Tbk

Untuk mengakomodasi kebutuhan olahraga dan sosialisasi warga, Bintaro Jaya telah menyediakan beberapa ruang terbuka hijau yang sangat representatif. Antara lain Menteng Park, Kebayoran Park, dan Discovery Park. Apalagi untuk urusan makanan, Bintaro Jaya merupakan salah satu surga kuliner. Mau menu tradisional, oriental, atau western, tinggal pilih sesuai selera.

Bahkan, dalam pengembangan suatu distrik hunian, sudah mencakup fasilitas-fasilitas pendukung. Contohnya Distrik Discovery Residences, salah satu distrik hunian premium yang dikembangkan Bintaro Jaya. Lokasi distrik dekat dengan Driving Range, Hero Supermarket, Gramedia World, McDonald’s, Pizza Hut, showroom Chevrolet, Rumah Sakit Pondok Indah-Bintaro, dan akan segera dibangun pasar modern terbaru, yaitu Fresh Market Bintaro Jaya.

Untuk fasilitas pendidikan, di sekitar distrik sudah ada beberapa sekolah unggulan dan bertaraf internasional. Antara lain, Global Jaya International School, SMA Pembangunan Jaya, British International School, Jakarta Japanese School, dan beberapa sekolah lain.

Artinya, Bintaro Jaya tak hanya berkembang menjadi sebuah kawasan pengembangan hunian dan komersial. Fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar distrik hunian semakin memudahkan mobilitas para warga. Aktivitas sehari-hari warga juga tak perlu beranjak jauh. Semua fasilitas sudah tersedia di dalam distrik hunian.

Lebih dari itu, fasilitas yang tak jauh dari lingkungan hunian, telah tercipta komunitas sosial antarwarga yang aktif dan guyub. Para warga menciptakan kegiatan dan interaksi sosial yang menghidupkan suasana keakraban dan kenyamanan tinggal. Perpaduan hubungan timbal balik antara pengembang dan warga inilah yang melatarbelakangi konsep 360º Living @Bintaro Jaya.

Early bird

Nilai properti di kawasan hunian Bintaro Jaya kian meningkat secara signifikan, seiring dengan pengembangan kawasan yang lebih tertata dan terarah. Bintaro Jaya tak hanya cocok sebagai kawasan hunian yang livable, berkualitas hidup lebih baik, tetapi juga bernilai investasi tinggi.

Menjelang acara launching kluster terbaru, Discovery Altezza, pada Sabtu (7/4), segera manfaatkan harga perdana atau early bird. Hunian klaster baru ini dipasarkan mulai harga Rp 1,4 miliaran. Setiap transaksi pada saat event akan berkesempatan mendapatkan free kitchen set, smartphone Samsung S9 terbaru, dan kanopi gratis.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi booth Bintaro Jaya di Bintaro Jaya Xchange (BXc) Mall lower ground atau akses situs www.bintarojaya.id. [*/IKLAN/ASP]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 Maret 2018

Leave a Comment