Daihatsu Adakan Program Apresiasi terhadap Kesetiaan Pelanggan

Meningkatnya daya beli masyarakat, ditambah banyaknya promosi penjualan menarik membuat masyarakat semakin mudah memiliki mobil pribadi. Dari sisi produsen atau agen pemegang merek (APM) kendaraan bermotor, mereka harus memiliki strategi jitu agar dapat meraih hati calon pelanggan.

Prosesi pembukaan mobil rekondisi Daihatsu Setia 2017.

Ketatnya persaingan meraih pelanggan baru inilah yang membuat produsen dan APM terus berupaya mempertahankan pelanggan lama agar tetap setia. Salah satu upaya yang dilakukan demi menjaga loyalitas pelanggan adalah menggelar program apresiasi kepada pelanggan setia.

Dengan langkah tersebut, pelanggan akan merasa semakin dekat sehingga produk atau varian-varian baru yang diciptakan produsen tersebut akan dijadikan pertimbangan utama. Bagi produsen atau APM, ini akan bermuara pada meningkatnya jumlah penjualan. Sementara bagi pelanggan atau konsumen, rasa puas dan nyaman tentu akan diraih.

Program

Ada beragam cara yang dilakukan produsen untuk mengapresiasi pelanggan. Daihatsu, misalnya. Produsen otomotif ternama di Tanah Air ini memiliki cara unik dalam mengapresiasi pelanggan setianya, yaitu melalui program Daihatsu Setia. Langkah ini mendapat pujian dari masyarakat luas. Melalui program tersebut, Daihatu melakukan rekondisi mobil pelanggannya menjadi gres kembali seperti ketika baru keluar dari pabrik.

Program ini berawal dari kesuksesan penyelenggaraan program Xenia Setia pada 2014-2016, yang semula hanya merekondisi Xenia lama milik pelanggan terpilih, tanpa dipungut biaya.

Foto bersama para pemenang Daihatsu Setia 2017 wilayah Jabodetabek.

Mengingat jumlah peserta yang terus meningkat dari tahun ke tahun, dan bertepatan dengan ulang tahun ke-110 Daihatsu, pada 2017 program diperluas menjadi program Daihatsu Setia dengan memilih 110 unit Daihatsu milik pelanggan yang memenuhi persyaratan. Mobil-mobil tersebut terdiri dari 50 unit Xenia, 50 unit Terios, 5 unit Luxio, dan 5 unit Sirion.

Di samping itu, tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Sebuah event akbar pertandingan olahraga yang diikuti oleh 45 negara di benua Asia. Mengiringi ajang bergengsi ini, Daihatsu kembali menggelar program Daihatsu Setia yang akan memilih 45 pemilik mobil Daihatsu yang terdiri atas 20 unit Xenia, 20 unit Terios, 3 unit Sirion, dan 2 unit Luxio, untuk direkondisi.

Syarat dan pendaftaran

Syarat mengikuti program apresiasi kepada pelanggan tersebut, di antaranya peserta merupakan pemilik pertama Xenia, Terios, Luxio, atau Sirion. Selain itu, peserta berstatus pemilik perorangan dan bukan instansi, peserta melakukan perawatan mobil secara rutin di bengkel resmi Daihatsu. Dan yang terakhir, mobil peserta memiliki jarak tempuh (km) pemakaian tertinggi.

Pendaftaran untuk program ini dibuka dalam dua periode. Periode pertama dibuka 19 Februari–11 Maret 2018 khusus untuk peserta dari Jawa Tengah, Kalimantan dan Indonesia bagian timur, yang meliputi Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sementara itu, periode kedua dibuka pada 11 Maret–4 April 2018 untuk peserta dari Sumatera, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

Untuk mendaftar, terdapat tiga cara mudah yang dapat dipilih, yaitu melalui daring (online), pesan singkat (SMS), dan bengkel resmi Daihatsu. Pendaftaran secara online dapat dilakukan dengan membuka laman www.daihatsusetia.com, kemudian lengkapi data diri dan kendaraan, submit dan update data secara berkala.

Deretan mobil pemenang Daihatsu Setia 2017 setelah dilakukan rekondisi Oleh Daihatsu.

Pendaftaran melalui SMS dilakukan dengan mengirim pesan SMS ke nomor 08990888898. Dengan format SMS: SETIA#Nama#NoPol#NoRangka#Tipe#Tahun#Kilometer#Email#Kota. Data SMS akan diregistrasikan secara online oleh Daihatsu. Password pada microsite yang didaftarkan akan dikirim melalui surat elektronik (e-mail) oleh Daihatsu.

Sedangkan pendaftaran melalui bengkel resmi Daihatsu, dilakukan dengan meminta formulir kepada Service Advisor (SA), mengisinya, kemudian SA akan mendaftarkan melalui e-mail ke daihatsusetia@daihatsu.co.id. Password pada microsite yang didaftarkan akan di e-mail oleh ADM ke peserta.

Setelah proses pendaftaran, panitia akan melakukan pemeriksaan (checking) data dan fisik kendaraan. Panitia akan mengumumkan 45 pemenang sesuai kriteria dan tidak dapat diganggu gugat. Selanjutnya, panitia akan melakukan proses rekondisi, dan pada waktunya akan dilalukan serah terima unit rekondisi kepada para pemiliknya.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan, upaya tersebut merupakan langkah nyata Daihatsu dalam menjawab kesetiaan pelanggan. “Program Daihatsu Setia diluncurkan untuk mengapresiasi kesetiaan pelanggan dalam menggunakan produk Daihatsu. Program Daihatsu Setia menjadi bukti persahabatan panjang Daihatsu dengan para pelanggan setianya.” [IKLAN/*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 Maret 2018

Leave a Comment