Lexus LS 500, Sedan Premium yang Dinanti Konsumen Indonesia

Eksklusif. Kata tersebut dapat mewakili sederet alasan orang memilih kendaraan mewah, sedan premium, misalnya Lexus LS 500. Di Indonesia, sedan jenis ini memberi kontribusi tersendiri bagi pertumbuhan mobil mewah. Di mata konsumen, mobil-mobil baru yang mengedepankan eksklusivitas dan kemewahan ini juga semakin diminati dan terus dinanti kehadirannya.

Beragam inovasi terus dihadirkan oleh merek-merek mobil premium, mulai dari performa, penampilan, hingga layanan pelanggan. Hasilnya, mobil mewah tersebut selalu menjadi pusat perhatian banyak orang, layaknya seorang model yang tengah berjalan di atas catwalk.

Lexus menjadi salah satu merek mobil mewah yang senantiasa memikat banyak orang. Dengan keunggulan komparatif yang dimiliki, merek ini selalu didambakan banyak orang, terlebih mereka yang mengedepankan kenyamanan dan gaya hidup mewah. Pengembangan dan penyempurnaan dari setiap produk terus dilakukan untuk semakin mendekatkan diri kepada konsumen.

Salah satu yang dilakukan adalah meluncurkan Lexus LS 500, Senin (12/2), di Jakarta. Dengan segala keunggulannya, sedan mewah dengan predikat “The Long Awaited Lexus Flagship” ini diharapkan dapat menjadi sedan premium terbaik di Tanah Air.

“Kehadiran Lexus LS 500 telah memberikan definisi baru dalam tatanan kendaraan ultra luxury. Dengan perubahan yang sangat besar, yakni telah mengubah konsep Function into Emotion, Performance into Passion, dan Technology into Imagination, Lexus LS 500 merupakan jawaban atas penantian selama 12 tahun. Saya yakin ini merupakan kabar baik bagi mereka yang sudah mencapai tahapan ‘life celebration’,” kata General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja.

Sensasi kemewahan

Konsep ultimate experience of visionary anticipation yang dihadirkan pada sedan mewah ini akan memberikan kemewahan tertinggi dalam berkendara melalui tiga elemen kunci, yaitu eksklusif, emosional, dan inovasi. Sisi eksklusif merujuk pada performa mobil kelas dunia dalam hal keamanan dan ramah lingkungan.

Sementara itu, sisi emosional tecermin melalui kemampuan Lexus LS 500 menciptakan momen indah serta sensasi menggetarkan. Sedangkan sisi inovasi terekspresikan melalui keindahan desain mobil yang mampu melebihi ekspektasi pengendara, serta fitur-fitur unggulan yang hanya dijumpai pada LS terbaru ini. Ada 2 tipe LS 500 yang dihadirkan oleh Lexus Indonesia, yaitu LS 500 dan LS 500h (hybrid).

Setiap detail pada sedan ini sangat memperhatikan kesempurnaan. Ini dapat terlihat melalui ornamen yang mengalami pengembangan dari generasi sebelumnya, Lexus LS 460 L. Kemewahan, desain memesona, fitur berteknologi, serta performa yang dimiliki telah menjadikan mobil ini dipuji oleh pencinta mobil mewah dunia. Penggunaan mesin bertransmisi otomatis 10 percepatan yang dapat menghasilkan 415 tenaga kuda dan torsi 600 Nm juga menjadi poin tersendiri.

Foto – foto dokumen Lexus.

Sedan mewah ini memiliki 20 inci resonator wheels terbaru dan legroom terluas di kelasnya. Selain itu, terdapat motorized rear seat entertainment system, 24 buah speaker Mark Levinson dengan 3D showering effect, rear seat control monitor yang dapat mengatur berbagai fitur, dan semi-aniline upholstery dengan quilted stitching yang merupakan pertama dalam jajaran kendaraan Lexus. Sementara itu, fitur smart air suspension, 24,4 inci multi-colored head up display, dan all seats massage with heat function yang merupakan beberapa fitur pertama di dunia.

Lexus LS 500, tambah Adrian, mengandung nilai-nilai budaya yang hanya mampu diberikan oleh Lexus. “Selain kelebihan yang dimiliki, di balik kemewahan tersebut, sedan Lexus LS 500 memiliki nilai-nilai omotenashi yang menyuguhkan keramah-tamahan khas tradisi Jepang. Lexus sangat menjunjung tinggi budaya yang diwujudkan pada salah satunya teknologi illumination yang terinspirasi dari lampu tradisional Jepang Andon.”

Lengkapi kesuksesan

Kehadiran Lexus LS 500 melengkapi kesuksesan Lexus di pasar mobil premium Tanah Air yang telah dicapai oleh kendaraan Lexus tipe sport utility vehicle (SUV) pada 2017. Seperti diketahui, sepanjang 2017, Lexus mendominasi penjualan mobil mewah melalui SUV-nya, yakni sebanyak 1.188 unit.

Adrian berharap, sedan mewah ini mampu membangkitkan gairah pasar sedan premium di Indonesia. “Sedan memiliki pasarnya tersendiri. Masih banyak kalangan eksekutif yang menginginkan sedan mewah yang tidak hanya indah, tetapi juga dengan kenyamanan yang hampir tidak ada tandingannya. Untuk itu, kami berharap kehadiran Lexus LS 500 dapat membangkitkan gairah pasar sedan premium Tanah Air.”

Interior Lexus LS 500 mengadopsi konsep “progressive comfort” atau kenyamanan berlipat ganda, yang detail di tiap kabinnya diperhatikan dengan sempurna dengan menggabungkan karakter klasik dari Lexus. Kesempurnaan tersebut tergambar salah satunya dari pencahayaan interior yang mengekspresikan estetika unik Jepang.

Interior pada sedan ini dapat memukau pengendaranya karena memanfaatkan kecanggihan teknologi manufaktur Jepang. Tim Lexus mampu menciptakan pola kayu natural yang tidak dapat ditemukan di alam. Pada proses akhir, ketika kayu menyatu dengan elemen logam, hasilnya tidak hanya memperkuat kesan mewah melainkan pula menghadirkan kesan progresif.

Terdapat dua warna baru yang dikembangkan khusus untuk Lexus LS 500, yaitu manganese luster dan sonic agate. Mengusung tema “effect of element”, Lexus menggunakan semua jenis elemen warna, tekstur material, proses penyelesaian tiga dimensi, serta pencahayaan dalam memodulasi bentuk interior dan eksterior.

Fitur

Mobil ini juga dilengkapi moon roof untuk menambah rasa kebebasan dan pencahayaan kabin yang lebih terang. Dengan dimensi bodi 5.235 x 1.900 x 1.450 milimeter, Lexus LS 500 mengadopsi desain four-door coupe, sangat berbeda dengan mobil sedan tradisional pada umumnya, yang menggunakan three-box design. Sedangkan untuk roda, Lexus LS 500 menggunakan velg berukuran 20 inci terbaru, dengan resonance chamber yang ikut berkontribusi dalam mengurangi getaran dan suara yang merambat ke kabin.

Sedan yang dilengkapi dengan moon roof ini juga memiliki keunikan, yaitu pada cara membuka dan menutup bagasi yang sudah tidak memerlukan sentuhan tangan, tetapi menggunakan sensor kaki yang terdapat di bagian bawah bumper belakang.

Lexus LS 500 juga sudah mengadopsi sistem tombol tekan start/stop engine. Terkait dapur pacu, sedan premium ini dibekali dengan dua pilihan mesin, bensin dan hybrid. Untuk varian bensin memuat mesin baru 3.5 L V6 Turbocharged yang dipadukan dengan transmisi 10 percepatan otomatis yang pertama di kelasnya, dapat menyemburkan 415 tenaga kuda dengan torsi 600 Nm. Sementara itu, mesin hybrid terbaru mampu menyemburkan tenaga 356 tenaga kuda dengan torsi 350 Nm. [IKLAN/*/BYU]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 Februari 2018.

Leave a Comment