Peningkatan kualitas produk dan layanan, termasuk apresiasi kepada pelanggan, menjadi salah satu upaya yang dilakukan produsen ataupun agen pemegang merek (APM) kendaraan otomotif untuk dapat bersaing di kancah nasional, global, maupun internasional. Beragam upaya pun dilakukan demi menjaga dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah produk.

Otomotif disebut-sebut menjadi salah satu industri yang siap memasuki revolusi industri keempat. Industri yang masuk ke dalam sektor manufaktur ini telah memanfaatkan teknologi terkini yang diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan rasio pertumbuhan ekonomi dan industri.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki potensi investasi menjanjikan di sektor manufaktur. Hal ini dapat dilihat di antaranya dengan semakin banyak pabrik-pabrik kendaraan bermotor yang tersebar di berbagai daerah. Dengan adanya pabrik-pabrik tersebut, biaya produksi kendaraan akan semakin rendah. Tentu ini akan membuat persaingan semakin kompetitif.

Sementara itu, kebutuhan kepemilikan otomotif yang diperkirakan mencapai 2,2 juta unit per tahun disambut positif oleh produsen dan pelaku industri ini dengan melakukan pelbagai upaya. Di antaranya dengan memberikan kemudahan atau menyuguhkan program-program menarik bagi calon konsumen yang ingin memiliki kendaraan. Tak heran, setiap tahunnya, produsen terus melakukan investasi untuk meningkatkan layanan kepada para pelanggannya.

Apresiasi kepada pelanggan setia

Tak dimungkiri, pembelian ulang dan terus-menerus yang dilakukan konsumen, baik produk atau layanan, menjadi jawaban positif terhadap layanan maksimal yang diberikan produsen. Inilah yang menjadi salah satu fokus Daihatsu sebagai pemain otomotif di Tanah Air. Di antaranya melalui peningkatan produk dan layanan, termasuk apresiasi kepada pelanggan setia untuk menjaga loyalitas.

Salah satu wujud apresiasi yang diberikan Daihatsu kepada pelanggan berupa program Daihatsu Setia. Ini merupakan program lanjutan dari program sebelumnya, yaitu “Xenia Setia”. Program ini merupakan rekondisi mobil Daihatsu lama milik pelanggan menjadi seperti baru kembali. Selaras dengan ulang tahun ke-110 Daihatsu global, Daihatsu juga merekondisi unit sebanyak 110 unit terdiri dari Xenia, Terios, Sirion, dan Luxio.

Semua bagian mesin, sasis, drive train, interior, eksterior, material, cat, hingga aksesori direkondisi. Demi menjaga kenyamanan pelanggan, selama periode rekondisi (sekitar 2 bulan), Daihatsu meminjamkan mobil pengganti untuk dapat digunakan oleh pelanggan yang mobilnya sedang direkondisi.

Penyerahan mobil rekondisi

Prosesi pembukaan mobil rekondisi Daihatsu Setia 2017.

Penyerahan mobil rekondisi Daihatsu Setia telah berlangsung sebelumnya untuk wilayah Jawa Tengah, yaitu di Solo (8 unit), Cirebon (10 unit), Padang (20 unit), Makassar (6 unit), Pontianak (8 unit), Surabaya (18 unit), dan di Jakarta (40 unit). Daihatsu Indonesia memberikan kejutan dengan merekondisi 110 unit mobil Daihatsu lama milik pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kendaraan yang memenuhi kriteria kemudian direkondisi selama sekitar dua bulan secara gratis.

Adapun persyaratan pemenang Daihatsu Setia terpilih, salah satunya adalah melakukan servis berkala di bengkel resmi Daihatsu setiap 6 bulan atau setiap kelipatan 10.000 kilometer (mana yang lebih dulu tercapai).

Dengan melakukan servis di bengkel resmi, pelanggan dapat menikmati segudang keuntungan. Di antaranya kualitas servis bergaransi selama 15 hari kerja (1.000 kilometer), suku cadang terjamin, peralatan canggih dan modern didukung dengan mekanik andal dan bersahabat. Mereka juga dapat menikmati fasilitas bengkel yang lengkap dan nyaman, jaringan luas, serta nilai jual kembali yang tinggi. [*/IKLAN/BYU]

Menyimak Tingkat Kepuasaan Pengguna Daihatsu di Indonesia

 Kesetiaan pelanggan terhadap sebuah produk tak hanya mendatangkan kepuasan tersendiri, tetapi juga dapat memberikan manisnya sebuah kemenangan. Inilah yang dirasakan oleh para pemenang program Daihatsu Setia.

Purnama Tamziel, pemilik Daihatsu Xenia keluaran 2009 ini merasa puas dengan mobilnya yang selalu menemani di setiap aktivitasnya. Pekerja yang bergerak di bidang penjualan alumunium ini setia mengendarai Xenia-nya hingga 333.529 kilometer.

Pemenang Daihatsu Setia 2017 dengan kilometer tertinggi berfoto bersama manajemen Daihatsu.

“Awalnya saya membeli mobil ini karena bisa multifungsi. Tetapi, setelah saya gunakan selama 8 tahun, saya semakin yakin bahwa saya telah membeli mobil yang benar. Saya senang dengan akselerasi dan kenyamanan saat berkendara menggunakan mobil ini karena selain nyaman dan cepat, mobil ini juga irit bahan bakar walaupun digunakan di dalam kota yang penuh kemacetan,” ujar Purnama.

Djahar Muzakir juga memiliki pengalaman serupa. Penulis sekaligus karyawan sebuah perusahaan penerbitan asal Bogor ini selalu membawa Terios kesayangannya saat bertugas dan berlibur bersama keluarga. Terios 2007 yang dimilikinya memberikan kebanggaan tersendiri bagi Djahar dan keluarganya.

“Saya senang menggunakan Terios saya sehari-hari karena mobilnya tangguh, desainnya gagah, awet, dan tidak rewel walaupun sudah dipakai 10 tahun dan telah menempuh jarak 352.466 kilometer sampai sekarang,” beber Djahar.

Performa dan kenyamanan

Kepuasan menggunakan mobil Daihatsu juga dirasakan Effendi Abdullah melalui Luxio 2010-nya. Performa andal yang dimiliki Luxio telah membuat dirinya semakin puas atas pilihannya membeli Luxio. “Saya memilih Luxio karena banyak teman yang merekomendasikan dan ternyata memang terbukti tangguh,” ungkapnya.

Pegawai sebuah rumah sakit swasta ini juga mengatakan kenyamanannya saat berkendara. Ia menceritakan, mobilnya pernah dipakai ke luar kota bersama keluarga besar mengangkut hingga 12 orang penumpang. “Walaupun diisi orang banyak, Luxio tetap nyaman digunakan dan interiornya juga luas.”

Sirion, hatchback Daihatsu yang satu ini juga tak kalah memukau memberikan pengalaman manis kepada pelanggan. Ini dirasakan oleh Henny Nurcahyani. Perempuan yang telah memiliki satu anak ini menggunakan Daihatsu Sirion sejak 2008 dalam setiap aktivitasnya.

Foto bersama para pemenang Daihatsu Setia 2017 wilayah Jabodetabek.

Sirion 2008 yang dimiliki pegawai bank swasta tersebut tak hanya memberikan kemudahan berkendara lantaran bodinya yang kompak, tetapi juga karena tingkat perawatan yang mudah. ”Sampai saat ini, saya selalu puas dan nyaman menggunakan Sirion. Bukan hanya mobilnya mungil cocok di jalanan Jakarta, tapi juga servisnya tidak ribet, hanya datang ke bengkel untuk perawatan berkala,” pungkasnya.

Masih banyak pengalaman menarik yang dimiliki pengguna mobil Daihatsu. Semua ini menjadi bukti bahwa produk-produk dan layanan yang diberikan Daihatsu selalu mengedepankan kepuasan pelanggan. [*/IKLAN/BYU]

Foto-foto dokumen Daihatsu.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 19 Desember 2017

Tags : Daihatsu
Kompas Adv
Advertising division of Kompas Daily Newspaper, the largest national newspaper in Indonesia. All content are published in printed newspaper.

Leave a Response