Nilai investasi di bidang properti akan merangkak naik dengan dukungan beberapa faktor. Pertama, adanya pembangunan fasilitas umum di sekitar lahan yang dipilih sebagai tempat tinggal. Semisal pendirian rumah sakit, hotel, mal, sekolah, dan pasar.

Kedua, adanya infrastruktur memadai, seperti jalan masuk yang lebar. Apalagi jika terdapat infrastruktur yang lebih besar, seperti jalan tol atau penambahan kapasitas jalan utama. Ketiga, dikembangkan oleh pengembang yang kredibel. Pengembang yang bonafide akan mengutamakan mutu produk.

Itulah sebabnya peluncuran Kawana Golf Residence terbilang sukses diselenggarakan. Sejak Jumat (8/12), calon pembeli disuguhi acara cocktail party di rooftop hotel Celecton, tur helikopter Kota Jababeka untuk melihat potensi kawasan industri di Cikarang, kegiatan olahraga di lapangan golf, hingga acara puncak peluncuran dan pemilihan unit Kawana Golf Residence. Dengan pelayanan seperti ini, wajar bila pembeli merespons dengan antusias.

Pada awalnya, tahap pertama Kawana Golf Residence hanya diluncurkan enam lantai, tapi adanya permintaan yang tinggi dari pembeli, dibukalah empat lantai tambahan. Dengan demikian, total 10 lantai terjual pada Sabtu (9/12). Sepuluh lantai tersebut mencakup 108 unit dengan nilai revenue sebesar Rp 132,89 miliar. Mayoritas investor Kawana Golf Residence berasal dari wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan yang sudah pernah berinvestasi properti high end di Jakarta.

“Tujuan dari tur helikopter mengelilingi Kota Jababeka adalah untuk membuka wawasan investor akan potensi kawasan industri Jababeka yang sangat besar. Di sini ada lebih dari 2.000 perusahaan multinasional dari 30 negara yang menjadikan Jababeka sebagai kota mandiri yang matang dari segi infrastruktur dan fasilitas. Jababeka Residence mem-booking seluruh kamar di Hotel Celecton Jababeka guna memberikan kesempatan kepada ratusan investor Kawana Golf Residence untuk menikmati Kota Jababeka dari pagi hingga malam, serta membuktikan bahwa Jababeka Residence telah bertransformasi dari industrial township menjadi international integrated township yang modern,” kata GM Corporate Marketing Jababeka Residence Handoyo Lim.

Kawana Golf Residence terdiri atas 234 unit dengan tiga tipe, yaitu studio (26,55 meter persegi semigross), 1 bedroom (35,57 meter persegi semigross), dan 2 bedroom (62 meter persegi semigross). Harga per unit mulai Rp 1 miliar hingga Rp 2 miliar. Setiap unit apartemen mendapat bonus term membership golf yang dapat digunakan para investor maupun penyewa Kawana Golf Residence untuk bermain golf di Jababeka Golf Club.

Pencapaian penjualan Kawana Golf Residence ini juga mencatatkan pencapaian besar bahwa Jababeka mampu menjual apartemen di atas Rp 28 juta per meter persegi di kawasan Cikarang. Ini membuktikan bahwa Jababeka Residence telah mendapat kepercayaan besar dari investor yang melihat Kawana Golf Residence sebagai instrumen investasi yang bagus dengan yield sekitar 12 persen per tahun.

Kawana Golf Residence mengusung kearifan budaya Jepang sebagai konsep utama. Bersebelahan dengan Jababeka Golf & Country Club yang menyuguhkan pemandangan yang menghadap langsung ke lanskap hijau dari lapangan golf, para penyewa Kawana Serviced Apartment nantinya dapat langsung bermain golf dari lobi apartemen Kawana. Jababeka Golf Club beranggotakan lebih 80 persen ekspatriat Jepang dan Korea Selatan, serta 5 persen ekspatriat Taiwan, Australia, Eropa, dan Amerika.

Lapangan golf yang mengelilingi Kawana Golf Residence tampaknya membuat apartemen ini disukai oleh para ekspatriat yang bekerja di kawasan Cikarang. “Melihat respons yang besar dari pembeli, kami kembali membuka kesempatan kepada calon investor untuk membeli Kawana Golf Residence tahap 2 di mana hanya berjumlah 104 unit. Calon investor Kawana Golf Residence dapat mulai membeli nomor pre-booking melalui aplikasi PRO-JEK dan agen properti ternama, seperti ERA, C21, Ray White, LJ Hooker, Harcourt, dan Promex,” papar Handoyo.

Dalam mengembangkan Kawana Golf Residence, Jababeka Residence bersama Creed Group asal Jepang aktif mencari penyewa ekspatriat asal Jepang. Dalam waktu 1,5 bulan sejak pertama dipasarkan, sudah terdapat lebih dari 100 letter of intent calon penyewa ekspatriat Jepang dan Korea. Keyakinan calon penyewa Jepang terhadap Kawana Golf Residence tidak lepas dari pengelolaan dan pengembangan apartemen yang akan dilakukan langsung oleh pihak Jepang, selain dari sisi kelengkapan fasilitas.

Adapun interior unit apartemen didesain bernuansa Jepang modern dengan perabotan lengkap. Di samping itu, tersedia fasilitas yang mendukung gaya hidup ekspatriat Jepang, meliputi pemandian air hangat (ofuro), restoran autentik Jepang, room service (termasuk sarapan khas Jepang, penatu, dan cleaning service), lounge, serta area parkir. [IKLAN/*]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 12 Desember 2017

Kompas Adv
Advertising division of Kompas Daily Newspaper, the largest national newspaper in Indonesia. All content are published in printed newspaper.

Leave a Response