Bagi keluarga muda dengan status ekonomi “mampu”, setelah punya anak, kebutuhan terhadap model mobil berubah. Apalagi bila anak-anaknya masih balita. Aspek kenyamanan dan keamanan menjadi prioritas utama untuk memastikan pilihan. Hal tersebut dilakukan oleh artis cantik dan anggun, Dian Sastrowardoyo.

“Saya memilih New Mazda Biante berdasarkan aspirasi anak-anak. Mereka minta mobil yang lega dan nyaman. Sebelum memilih Mazda, mereka kami ajak merasakan langsung MPV lain sebagai pembanding. Ternyata, kedua anak saya memilih New Mazda Biante. Saya juga suka karena modelnya cocok dengan gaya dan selera saya,” beber Dian pada acara Family Car Talk Show – Mazda Power Drive yang digelar di Epiwalk, Kompleks Epicentrum, Kuningan Jakarta Selatan pada 21–22 Oktober lalu.

Dian menambahkan, anak-anaknya mengaku sangat nyaman duduk di kursi paling belakang (deret ketiga) Biante. “Padahal, kalau di MPV lain, mereka rebutan di kursi deretan kedua,” lanjutnya. Dengan akses ke kabin lebih mudah dan ruang yang lega, Dian mantap memilih New Mazda Biante sebagai kendaraan keluarga, khususnya untuk menyenangkan anak-anaknya. “Kendati bodi agak besar, Biante gesit dan stabil ketika bermanuver. Saya sih sudah dengar, ini memang ciri khas mobil-mobil yang diproduksi oleh Mazda,” lanjutnya.

Pada saat yang sama, Editor-in-Chief Autobild Bimo Aribowo menjelaskan, Biante tidak hanya MPV dengan kabin lega dan nyaman, tetapi juga dipenuhi teknologi canggih terbaru SKYACTIV. Khas Mazda. “Saya melihat makin banyak teknologi SKYACTIV disematkan pada Biante. Hasilnya, selain menjadi MPV keluarga yang sangat nyaman, juga canggih dan modern,” lanjutnya.

Ricky Thio, Direktur Sales, Marketing & PR, PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI), distributor Mazda di Indonesia menambahkan, Biante yang dirancang dengan filosofi KODO terus disemati berbagai teknologi baru oleh Mazda. ”Biante kini dilengkapi dengan sistem keamanan aktif i-ACTIVSENSE. Jadi, selain nyaman, juga aman!” tegasnya. [Zulkifli BJ]

New Mazda Biante, “Boxy” dan Gesit

Dua kali penulis melakukan test-drive langsung Mazda Biante, yaitu di Bali pada 2011 dan terakhir Jakarta–Pangandaran–Jakarta pada Oktober 2013. Keduanya berlangsung dua hari. Tes terakhir, dengan predikat New Biante, mesin diganti dengan SKYACTIV-G 2.0 L. Beberapa bagian eksterior dan interior mengalami penyegaran.

Desain bodi Biante termasuk boxy (ciri khas MPV kelas atas). Tujuannya, memperoleh kabin atau interior yang lega dan nyaman. Filosofi desain KODO – “Soul of Motion” – ternyata menghadirkan bodi boxy berkarakter elegan, dinamis, dan modern. Saat berada di dalam kabin, baik di kursi pengemudi maupun penumpang depan serta kabin belakang, kesan temporer dan modern sangat kental. Terutama pada desain dasbor dan panel instrumen. Begitu juga material yang digunakan untuk melapisi kursi, plafon, dan bagian dalam dari pintu-pintu.

Perlu diberi acungan jempol, akses ke kabin, khusus penumpang belakang sangat gampang. Pintu geser yang membuka lebar memberi kemudahan untuk masuk ke kabin, termasuk anak-anak di bawah 10 tahun. Pintu geser bergerak dengan mulus dan halus. Dilengkapi pula sistem keamanan, mencegah anggota tubuh anak-anak terjepit.

Salah satu faktor yang membuat anak-anak senang dan nyaman berada di kabin Biante adalah hasil dari konsep susunan walk through dan theater lay out kursi. Susunan kursi walk through membuat anak-anak leluasa mondar-mandir di kabin (ketika mobil melaju), dari jok depan sampai ke paling belakang. Selanjutnya, tata letak kursi bergaya theatre membuat penumpang belakang memperoleh pandangan lebih luas ke depan.

Kabin, khususnya jok untuk penumpang belakang, sangat fleksibel. Jok tengah, selain bisa digeser maju-mundur, bisa dirapatkan atau dipisahkan. Karena bisa digeser sampai jauh ke belakang, hal ini memungkinkan penumpang bisa berselonjor.

Kursi tengah dan belakang bisa diset sampai 8 konfigurasi. Inilah yang membuat penumpang bisa rileks saat harus melakukan perjalanan jarak jauh. Tingkat adaptasi MPV yang sangat tinggi. Bahan yang digunakan untuk melapisi kursi juga enak diduduki dan mampu menghadirkan kesan mewah.

Mesin responsif

Mesin SKYACTIV-G 2.0L yang disinergiskan dengan transmisi SKYACTIV-Drive (transmisi otomatik 6-percepatan) mampu memberikan rasa fun bagi pengemudi. Mesin bekerja responsif ketika pedal gas ditekan lebih dalam untuk memperoleh torsi besar yang dibutuhkan ketika menanjak atau mendahului mobil lain.

Teknologi injeksi langsung (direct injection) bekerja dengan cepat, menghasilkan torsi puncak 190Nm @4.100 rpm. Juga mantap dikebut pada kecepatan tinggi tenaga yang dihasilkan mencapai 111kW (151kW) @6.000 rpm. Tak kalah menarik, mesin ini paling efisien karena bekerja pada perbandingan kompresi 12:1. Tertinggi di kelasnya!

Efisien bahan bakar New Mazda Biante juga bisa diperoleh melalui i-Stop, khususnya ketika harus menerobos jalanan yang macet. Mesin akan “off” otomatis bila mobil berhenti beberapa detik. Mesin akan hidup kembali (juga otomatis ) 0,35 detik setelah pedal gas ditekan untuk melanjutkan perjalanan.

Transmisi dilengkapi dengan Active Adaptive Shift Mode agar perpindahan gigi berlangsung mulus dan halus. Kerja pengemudi makin mudah dengan Direct Mode. Bila ingin memperoleh torsi lebih besar, pindahkan gigi ke posisi rendah dengan men-“colek” paddle shifter di belakang setir. Sebaliknya, bila ingin santai, pindahkan ke posisi lebih tinggi.

Tongkat transmisi mudah dijangkau karena berada di tengah dasbor. Tersedia pula Ecodrive bila ingin santai dan mengirit bahan bakar. Untuk On-Off mesin (termasuk penerangan), tidak lagi menggunakan kunci konvensional, tetapi diganti dengan sakelar putar (berada pada posisi kunci kontak).

Kesehatan dan hiburan

Untuk menjaga daya tahan tubuh pengemudi dan penumpang, Mazda memasang penyejuk (AC) yang dapat memurnikan udara di kabin, yaitu Nano-e. Saringan berfungsi mencegah virus allergenic tumbuh. Dengan tingkat pencemaran udara yang semakin tinggi, fitur ini akan sangat membantu kesehatan dan daya tahan tubuh. Termasuk untuk mengurangi stres saat menghadapi lalu lintas super macet.

Untuk penumpang belakang, disediakan LCD monitor 10,1 inci WVGA yang digantung di plafon. Bagi anak-anak, sarana ini sangat membantu agar tidak bosan saat diajak melakukan perjalanan jauh atau harus menunggu lama di tengah kepadatan lalu lintas. Head unit di dasbor dikontrol melalui layar sentuh LCD 6,1 inci dengan berbagai fungsi, termasuk DVD player.

Keselamatan

Aspek keselamatan menjadi prioritas Mazda pada Biante. Untuk itu, berbagai teknologi keselamatan aktif antara lain antilock brake system (ABS) bersama electronic brake force distribution (EBD) dan emergency brake assist (EBA) diaplikasikan sebagai kelengkapan standar. Tersedia pula dynamic stability control (DSC), bertugas menjaga MPV ini tetap stabil ketika harus melaku manuver atau membelok di tikungan dengan cepat.

Tambahan lain adalah traction control system (TCS) untuk mencegah roda spin saat pengemudi terlalu cepat menekan pedal gas saat start. Selain itu, disediakan hill launch assist (HLA) untuk mencegah mobil mundur ketika kaki kanan berpindah dari pedal rem ke gas. Kelengkapan keamanan tambahan adalah airbag untuk pengemudi dan penumpang depan (standar). [*] 

Susah Start, Jangan Dipaksa Berulang-ulang

Mobil susah distarter? Hati-hati! Bila sudah dicoba 10 detik, tidak juga hidup, segera hentikan! Tunggu 30–60 detik. Motor starter yang memutar mesin (berputar ketika kunci kontak diputar pada posisi “Start” atau tombol “Start-Stop” ditekan), menyedot arus listrik yang sangat besar dari aki. Kalau kontak diaktifkan, arus terus mengalir ke motor, menyebabkannya panas. Energi baterai atau aki juga makin terkuras. Jadi, tunggulah 30–60 detik agar suhu motor starter turun dan memulihkan kondisi baterai setelah dipaksa bekerja keras. [*]

Tags : Mazda
Kompas Adv
Advertising division of Kompas Daily Newspaper, the largest national newspaper in Indonesia. All content are published in printed newspaper.

Leave a Response