Dulu Tempat Belanja, Sekarang Pusat Gaya Hidup

Pembangunan beragam pusat perbelanjaan di sebuah kota menandakan pertumbuhan ekonomi yang baik di kota tersebut. Mal tak sekadar menjadi tempat belanja. Sekarang, mal sekaligus menjalankan fungsi sosial, menjadi tempat hangout, mencari hiburan, dan sebagai meeting point yakni sebagai lifestyle center (pusat gaya hidup).

Fungsi sosial ini didefinisikan, selain tempat berbelanja, mal menjadi tempat bertransaksi bisnis, bertemu, dan berinteraksi dengan teman dan keluarga. Hal itu diuntungkan karena biasanya mal berada di lokasi yang strategis dan mudah diakses. Fungsi sosial inilah yang membuat mal tidak dapat tergantikan.

Sementara itu, fungsi sebagai pusat informasi dapat diartikan untuk menginformasikan harga dan produk terbaru. Dengan mudah, pengunjung mal bisa mendapatkan informasi dan melihat langsung produk terbaru yang dipamerkan karena setiap mal pasti memiliki area atau function room yang menjadi etalase produk-produk teranyar.

Keberagaman fungsi mal, yang membuat banyak orang gemar mendatanginya. Sekadar untuk meluangkan waktu me time, bertemu dengan rekan bisnis, bersantai dengan sahabat, dan menikmati waktu akhir pekan bersama keluarga tercinta, dapat dilakukan di mal.

 Hiburan keluarga

Hal itulah yang diakui Valerie Mellanov Gan, pengusaha yang gemar tampil elegan dan feminin. Menurut Mela, demikian sapaan ibu dua anak tersebut, dia gemar ke mal karena menjadi wadah hiburan keluarga.

“Saya memiliki dua anak usia 17 dan 11 tahun. Biasanya, saat weekend, saya mengikuti kemauan mereka yaitu ke mal. Ketika di mal, si sulung biasanya lebih menyukai tempat makan dan pameran mobil ataupun elektronik. Sementara itu, adiknya lebih memilih ke tempat bermain, nonton, dan pameran mainan seperti Lego,” ucap Mela.

Sependapat dengan Mela, teman satu kelompok arisannya Sarah Daniel menambahkan, “Saya senang memilih mal untuk keluarga. Jadi, saya menyukai yang memiliki konsep one stop living, lengkap fasilitasnya. Apalagi saya memiliki 4 anak, mereka senang pergi ke area bermain dan toko mainan di mal. Kalau di hari Minggu, sesudah beribadah ke gereja, saya seringkali berkuliner di mal, sekaligus sebagai ajang family gathering.”

Tak hanya untuk keluarga, mal juga bisa menjadi tempat pertemuan atau meeting point ideal. Bertemu rekan bisnis, klien, maupun rapat tim kerja dengan mudah bisa dilakukan di mal. Sebab, tersedia restoran, kafe, maupun kedai kopi yang nyaman sekaligus memiliki hidangan yang lezat.

Berprofesi sebagai perempuan pengusaha dan aktif terlibat dalam yayasan keluarga, membuat Mela bertemu dengan banyak orang dalam kesehariannya. Untuk itu, dia memilih mal yang letaknya strategis dan nyaman. Terlebih lagi, yang memiliki tempat makan yang berinterior bagus dan sajian yang lezat.

“Biasanya kalau weekdays, saya banyak melakukan aktivitas meeting, gathering arisan, makan siang, atau sekadar me time. Saya senang mendatangi Lippo Mall Puri, meski baru 1,5 bulan terakhir pindah ke Alam Sutera, saya tetap memilih mal ini sebagai mal favorit untuk meeting point dan hiburan keluarga. Alasannya, Lippo Mall Puri amat nyaman dan tergolong mewah di daerah Jakarta Barat. Di sisi lain, ada satu hal yang ingin saya pesan, jika hendak membawa anak ke mal, sebaiknya orangtua perlu memberi tahu letak pusat informasi. Hal itu penting jika mereka sampai tersesat, anak bisa langsung menuju tempat informasi,” ujar Mela.

Sementara itu, Sarah mengakui dia baru pertama kali mengunjungi Lippo Mal Puri. Meski perdana, kunjungannya kali ini meninggalkan kesan positif. Perempuan yang juga berprofesi sebagai pengusaha properti itu menuturkan, “Ini pertama kalinya saya ke Lippo Mal Puri. Meski jauh dari rumah saya di Kelapa Gading, saya terkesan, karena mal ini besar dan nyaman. Aksesnya pun mudah, tol ke tol, jadi tidak kena macet. Saya pasti akan datang kembali ke mal ini bersama keluarga.”

Lippo Mall Puri merupakan pusat belanja premium dari PT Lippo Malls Indonesia yang terdiri atas 5 lantai dan berlokasi di Jakarta Barat. Lippo Mall Puri memiliki anchor tenant, antara lain Parkson Department Store, Sogo Department Store, Hypermart, Food Hall, Matahari Department Store, Food Avenue, Electronic City, Best Denki, Fitness First Platinum, dan Cinema XXI. Selain itu, masih banyak lagi  gerai nasional hingga bertaraf internasional, seperti Zara, Pull & Bear, Berskha, dan Marks & Spencer. [AJG]

Foto-foto Iklan Kompas/Antonius SP.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 September 2017

Leave a Comment