GS Astra Solution Center dan GS Astra Smart sebagai “One Stop Solution”

Minimnya pengetahuan tentang pemeliharaan kendaraan dan penguasaan produk, terutama aki, seringkali membuat konsumen kesulitan. Begitupun dalam kejelasan untuk mendapatkan produk yang asli sesuai dengan keinginan. Menjawab fenomena ini, Astra Otoparts meluncurkan GS Astra Solution Center dan GS Astra Smart.

Layanan yang diperkenalkan pada hari ini, Kamis (13/7), di Super Shop&Drive Kelapa Gading, Jakarta, tersebut diharapkan mampu menjadi one stop solution bagi para pemilik kendaraan, khususnya mengenai aki dan kelistrikan.

Layanan yang pada tahap awal dibuka di 5 gerai (Super Shop&Drive Kelapa Gading, Super Shop&Drive Ampera, Shop&Drive Pondok Kelapa, Shop&Drive Tanjung Duren, Shop&Drive Benhil) di Jakarta ini menjadi salah satu wujud kepedulian Astra Otoparts bagi pemilik sepeda motor maupun mobil. Secara bertahap, jumlah tersebut akan terus ditambah demi menjangkau konsumen yang tersebar di segala penjuru Tanah Air.

Direktur Astra Otoparts Yusak Kristian mengatakan, GS Astra Solution Center dan GS Astra Smart merupakan inovasi dari GS Astra untuk konsumen. “Adanya GS Astra Solution Center dan GS Astra Smart ini merupakan cara mudah untuk semua pengguna kendaraan bermotor di Indonesia untuk mendapatkan layanan terpercaya atas segala kebutuhan dan permasalahan mengenai aki serta kepastian kepada konsumen untuk mendapatkan produk GS Astra yang asli.”

GS Astra Solution Center

GS Astra Solution Center merupakan layanan resmi dari merek GS Astra yang berfungsi sebagai pusat informasi tentang aki serta layanan bantuan terhadap permasalahan aki. Layanan ini didukung dengan layanan call center 1500015 maupun bengkel representatif.

“Kami telah melakukan survei terhadap pemilik kendaraan. Survei tersebut mengungkap, bahwa banyak pemilik kendaraan, baik roda dua maupun empat, yang tidak memahami hal-hal seputar aki kendaraan. Jadi jangan heran kalau mereka akan kelimpungan ketika tiba-tiba aki rusak atau mengalami kendala,” ujar Chief Executive Marketing Astra Otoparts Rio Sanggau.

Rio menambahkan dengan hadirnya GS Astra Solution Center, konsumen akan mendapatkan informasi tentang aki dengan mudah, misalnya terkait tipe dan jenis aki yang sesuai dengan kendaraan, cara merawat aki, serta penanganan aki bermasalah. “Kami juga memberikan layanan darurat saat aki kendaraan konsumen mengalami gangguan ketika di jalan,” sambungnya.

GS Astra Smart

GS Astra Smart adalah identitas dari jaringan gerai resmi GS Astra yang menjual produk-produk GS Astra yang asli. Logo GS Astra Smart ini akan disematkan di retailer GS Astra yang memenuhi persyaratan tertentu dan hanya menjual produk-produk GS Astra yang asli.

Banyak pemilik kendaraan merasa terkecoh ketika ingin membeli aki berkualitas. Niatnya membeli GS Astra, yang diberikan oleh penjual adalah produk yang nyaris sama, padahal sama sekali berbeda. “Dengan membeli aki GS Astra di toko berlogo GS Astra Smart, konsumen tidak perlu khawatir lagi akan keaslian produk GS Astranya,” ujar Rio.

Peluncuran kedua layanan tersebut merupakan perwujudan komitmen GS Astra untuk selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen. Terkait kualitas produk, Rio menjelaskan, kualitas aki GS Astra tidak perlu diragukan lagi. “Kualitas aki GS Astra tidak terbantahkan. Saat ini kami sudah menjadi market leader selama lebih dari 20 tahun, dan terbukti dengan GS Astra yang menjadi aki standar bagi sebagian besar merek mobil yang ada di Indonesia. Kami juga memiliki jaringan terluas sehingga konsumen bisa dilayani di banyak tempat.”

Astra Otoparts memiliki jaringan distribusi domestik terbesar yang meliputi 52 diler utama, 24 kantor penjualan, dan 12.000 pengecer suku cadang di Indonesia. Sejak 1998, Astra Otoparts juga mengembangkan jaringan ritel otomotif modern di Indonesia dengan konsep bisnis waralaba yang dikenal dengan merek Shop & Drive. [BYU]

Foto dokumen Astra Otoparts.

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 13 Juli 2017.

Leave a Comment