Pelayanan Prima dari Toyota Iringi Pertumbuhan Otomotif

Banyaknya penjualan kendaraan bermotor dapat dijadikan salah satu tolok ukur meningkatnya perekonomian negara. Sektor yang menjadi bagian dari industri manufaktur ini juga terus diminati para investor, baik nasional maupun asing. Beragam layanan pun terus ditingkatkan demi kepuasan konsumen.

Seperti yang dikutip dari situs resmi Kementerian Perindustrian, industri otomotif adalah salah satu sektor prioritas dalam kebijakan industri nasional yang ditargetkan mampu mendongkrak produksi hingga mencapai 2,5 juta unit pada 2020. Semua ini tentu membutuhkan kerja sama berbagai pihak, baik pemerintah maupun pelaku usaha otomotif.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, industri otomotif nasional saat ini mampu memenuhi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang berbasis bahan baku lokal sekitar 60 persen. Khusus untuk kendaraan dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC), tingkat TKDN telah mencapai 80-90 persen. Di luar kendaraan LCGC, pemerintah terus menggenjot agar pada 2018–2019, nilai TKDN, khususnya berbasis bahan baku plastik dan baja, dapat mencapai 90 persen.

Pemenuhan kebutuhan pasar di Tanah Air juga menjadi perhatian serius para pemegang merek kendaraan bermotor, Toyota, misalnya. Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami mengatakan, pihaknya terus berupaya memenuhi kebutuhan pasar domestik dengan produk kendaraan berkualitas dan harga bersaing. Peningkatan daya saing juga dilakukan guna menambah volume ekspor.

Komitmen

Terlepas dari hal tersebut, sebagai wujud komitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, produsen dan agen pemegang merek otomotif terus berupaya menghadirkan layanan-layanan istimewa. Hal ini seperti yang dilakukan PT Toyota-Astra Motor (TAM) dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond.

Hingga kini, TAM telah memiliki gerai resmi lebih dari 300 gerai yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Eksistensi Toyota yang berada di sejumlah wilayah kabupaten dan kota tersebut untuk memperkuat jaringan penjualan dan layanan purnajual dalam rangka mewujudkan pengalaman terbaik dan kenyamanan para pelanggan.

General Manager Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto berharap, banyaknya gerai yang tersebar di berbagai penjuru mampu memberikan nilai lebih kepada konsumen. “Kehadiran lebih dari 300 outlet yang terotorisasi ini merupakan komitmen Toyota untuk selalu ‘do more’ dalam mewujudkan the best ownership experience dan peace of mind untuk pelanggan, sejalan dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond.”

Fransiscus juga terus berupaya agar pelanggan dapat merasakan layanan terbaik Toyota yang melebihi ekspektasi mereka dengan kehadiran gerai-gerai resmi hingga ke pelosok, sebagai wujud implementasi Beyond Service.

Kehadiran gerai-gerai tersebut juga merupakan upaya Toyota untuk lebih mendekatkan diri dengan pelanggan sejalan potensi perekonomian nasional Indonesia yang terus berkembang, serta untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat sesuai gaya hidup yang semakin dinamis dan modern.

Senada dengan Fransiscus, Vice President Director TAM Henry Tanoto berharap pihaknya dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. “Melalui kehadiran outlet-outlet tersebut, kami berharap Toyota semakin dapat memberikan kontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah outlet itu berada. Selain itu, sekaligus  mampu memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakatnya yang semakin berkembang.” [IKLAN/*/BYU]

Program Sambut Mudik Lebaran dari Toyota

Sejalan dengan upaya mewujudkan the best ownership experience dan peace of mind bagi pelanggan, di luar gerai-gerai resmi yang sudah dihadirkan, TAM menyediakan unit layanan purnajual lainnya. Selain Toyota Expresss Maintenance, pelanggan juga bisa menikmati layanan perawatan rutin dan perbaikan mobil Toyota di luar gerai melalui Toyota Mobile Service (TMS) dengan total jumlah pelayanan lebih dari 1.000 unit.

“Toyota Express Maintenance dan Toyota Mobile Service merupakan komitmen kami untuk senantiasa siap memberikan layanan aftersales kepada pelanggan kapan dan di mana saja pelanggan Toyota membutuhkannya,” ujar Vice President Director TAM Henry Tanoto.

Selain itu, masih dalam rangka memberikan kepuasan pelanggan, TAM juga senantiasa meningkatkan kualitas layanan, tidak terkecuali pada saat-saat tertentu. Menyambut mudik Lebaran 2017, misalnya, TAM kembali menggelar program Promo Mudik Service Berkala yang digelar pada 15 Mei–10 Juni 2017.

Melalui program yang telah dijalankan tersebut, Toyota mengajak pelanggan mempersiapkan kendaraannya sedini mungkin agar perjalanan liburan dan mudik Lebaran bisa berjalan aman, lancar, dan nyaman melebihi ekspektasi.

“Kami ingin menanamkan peace of mind kepada pelanggan dengan mempersiapkan kendaraan sejak jauh-jauh hari melalui perawatan di bengkel resmi Toyota. Harapannya, pelanggan bisa menikmati perjalanan liburan dan mudik Lebarannya melebihi apa yang mereka harapkan, sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond Toyota,” beber Henry.

Seluruh jaringan
Program layanan dengan moto “Servis Lebih Awal Mudik Lebih Tenang” tersebut melibatkan seluruh jaringan bengkel resmi Toyota di Indonesia. Lebih dari 300 gerai dan didukung teknisi terlatih dan andal turut ambil bagian pada program tahunan ini.

Selain fasilitas diskon jasa servis yang besarnya hingga 25 persen, dan diskon pembelian TMO (Toyota Motor Oil) full synthetisic maupun synthetic mulai 10 hingga 20 persen, pelanggan juga mendapatkan diskon sebesar 5 persen untuk pembelian Toyota Genuine Gear Oli (TEGO), Manual Transmission Fluid (MTF), Brake Fluid, dan Injection Cleaner. [IKLAN/*/BYU]

Foto-foto dokumen Toyota

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 21 Juni 2017

Leave a Comment