Selain Sydney, Australia Punya Kota Menarik Lainnya

Melancong ke Negeri Kanguru selalu mempunyai keunikan dan keseruan tersendiri. Bukan hanya Sydney, Melbourne, dan Canberra yang menarik untuk dikunjungi. Kini, wisatawan mulai menyasar kota Ballarat di negara bagian Victoria.

Kota ini dulunya adalah pertambangan yang menyebabkan orang berdatangan dari berbagai negeri. Kota ini juga diyakini sebagai kota lahirnya demokrasi di Australia. Tujuan wisata utama di kota Ballarat dikenal dengan nama Sovereign Hill. Di tempat ini, pengunjung dapat melihat berbagai lokasi saat terjadi perburuan emas besar-besaran (Gold Rush) di Victoria. Di Ballarat, masa Gold Rush terjadi sekitar 1851.

Pemerintah Kota Ballarat bersama pemerintah negara bagian Victoria berhasil menjadikan Sovereign Hill sebagai lokasi yang membawa pengunjung ke situasi saat terjadi Gold Rush. Bangunan tua bernuansa abad ke-18 masih sangat kental, seperti hotel, saloon atau lebih dikenal dengan bar, kantor pos, dan tentunya juga tambang untuk mendulang emas berikut segala perlengkapannya, baik peralatan manual, maupun mesin-mesin sederhana ala abad ke-18.

Untuk membawa pengunjung “lebih tenggelam” ke masa silam, Sovereign Hill juga menghadirkan “warga” yang berpakaian khas abad ke-18. Mereka berdandan seperti penduduk biasa, penambang emas, dan penjaga bar. Anak-anak pun berdandan seperti anak di masa 1800-an. Selain itu, terdapat juga satu pasukan tentara yang secara rutin mengadakan upacara, lengkap dengan senapan dan meriam.

Hal ini menambah kesan yang tak akan terlupakan bagi para pengunjungnya. Pada jam-jam tertentu, bisa pula pengunjung mengabadikan diri dalam kostum di masa Gold Rush. Lokasi ini menyediakan penyewaan kostum lengkap dengan fasilitas berfoto.

Selain Sovereign Hill, wisatawan dapat menuju Ballarat Wildlife Park. Di taman binatang ini terdapat koleksi khas Australia, yakni kanguru, kuala, wombat, dan tasmania devil. Pengunjung Ballarat Wildlife Park dapat berinteraksi langsung dengan kanguru jinak yang bebas berkeliaran, seperti memberi makanan hingga swafoto.

Masih di negara bagian Victoria, jangan lewatkan Pulau Phillip. Pulau ini merupakan taman nasional kebanggaan Australia. Aneka flora dan fauna khas Australia hidup dan dilindungi di wilayah ini.

Di pulau kecil ini pula, ratusan bahkan ribuan ekor penguin singgah setiap hari sehingga wisatawan kesempatan untuk bertemu dengan kawanan mereka yang kembali ke daratan setelah mencari ikan di laut. Kegiatan ini mereka lakukan setiap harinya pada sore hari menjelang sunset.

Pemandangan indah ini menjadi kian menakjubkan jika disaksikan dari pinggir pantai dan di area Pantai Summerland. Pulau Phillip Island berlokasi 125 kilometer dari Melbourne dan bisa dijangkau dengan berkendara menggunakan mobil selama 1,5 jam sepanjang M1 dan Bass Highway.

Keindahan Australia tidak hanya pada daratannya. Anda akan diajak untuk menyaksikan pemandangan pantai yang memukau di Jervis Bay, New South Wales. Hamparan pasir putih, air laut yang biru dan deretan tebing-tebing di sekelilingnya akan memanjakan mata. Yang menarik, Anda akan diajak naik cruise atau kapal pesiar untuk bertemu langsung dengan penghuni Laut Tasmania, yaitu lumba-lumba dan paus yang hidup bebas. Biasanya paus dapat ditemui pada Mei-November.

Dengan pasir halus dan perairan bening hijau kebiruan, pantai Jervis Bay di pesisir selatan New South Wales adalah salah satu pantai paling aman dan tercantik di dunia. Di sebelah selatan, Jervis Bay dikelilingi hutan belantara alami Booderee National Park.

Dari desa Wreck Bay di selatan taman, jalur perjalanan kaki melingkari semenanjung ke Saint Georges Head, melewati deretan pantai, tebing, dan hutan sunyi. Hyams Beach disebut memiliki pasir paling putih di dunia. Ada banyak pantai, laguna, teluk dan sungai tersembunyi di Jervis Bay, yang cocok untuk segala aktivitas air.

Adrenalin pengunjung akan sedikit terpacu ketika melintasi Sea Cliff Bridge yang membawa menyusuri lautan Pasifik. Rasakan pengalaman berada di atas jembatan yang berliuk seperti ular ini. Sepanjang perjalanan dapat melihat langsung gempuran ombak yang menyapu perairan Pasifik. Seperti sebuah lukisan alam indah yang sempurna.

Oleh karena itu, pastikan memilih Australia untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Bergabung segera dengan Wita Tour untuk mendapat berbagai penawaran menarik liburan ke Australia. [IKLAN/*/ACH]

Artikel ini terbit di Harian Kompas edisi 16 Mei 2017

Leave a Comment